Tugas Utama seorang Petugas Keamanan Bandara

Sekolah Staff AVSEC – Tugas penjaga keamanan bandara atau staf AVSEC memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan bandara yang berkelanjutan, baik penerbangan internasional maupun domestik. Setelah kejadian 9/11 yang menggetarkan dunia, peningkatan keamanan bandara telah menjadi peningkatan standar keamanan di bandara di manapun. Maka dari itu penting bagi Anda memilih sekolah yang memiliki kredibilitas tinggi. Tentunya bagi yang ingin berkarir menjadi staf AVSEC harus mengetahui dan paham dengan baik tugasnya. Sekolah yang mampu menyediakan berbagai fasilitas serta mentor terbaik, yang akan menjadikan Anda staf AVSEC yang terampil, cermat, dan memiliki dedikasi yang tinggi.

Pengawasan

Salah satu tugas paling penting dari penjaga keamanan bandara atau yang lazim disebut dengan staf AVSEC adalah untuk memberikan pengawasan secara terus menerus terhadap bangunan fasilitas bandara dan wilayah di sekitarnya. Petugas keamanan bandara harus mewaspadai aktivitas mencurigakan yang dapat membahayakan orang di bandara atau di pesawat. Petugas keamanan bandara melakukan patroli di wilayah bandara dengan berjalan kaki. Bisa juga dengan menggunakan mobil yang dirancang untuk tujuan pengawasan keamanan dan dilengkapi dengan kamera keamanan.

Pengecekan

Penjaga keamanan bandara mengecek penumpang maskapai dan pakaian mereka, menggunakan mesin sinar-X dan perangkat elektronik lainnya. Bagian pengecekan ini akan memeriksa bagasi untuk memastikan bahwa tidak ada zat berbahaya atau bahan peledak yang dibawa ke dalam pesawat. Mereka juga memeriksa senjata seperti pisau dan senjata, yang dapat digunakan oleh teroris untuk membajak pesawat dan menyandera kru dan penumpang. Mereka juga mengamati perilaku penumpang, memastikan para penumpang tersebut tidak mabuk atau cukup brutal untuk mengganggu penerbangan.

Penegakan Aturan

Jarang ditemukan adanya petugas keamanan bandara yang harus menegakkan hukum melalui tindakan yang keras. Penumpang yang nakal atau mereka yang menunjukkan perilaku mencurigakan dapat ditangkap untuk diinterogasi atau bahkan ditahan, tergantung pada pelanggarannya. Penumpang yang mengganggu dapat diminta untuk meninggalkan bandara dengan diantar oleh penjaga keamanan bandara. Petugas keamanan bandara menjaga kedamaian dan melindungi keselamatan penumpang dengan memberlakukan aturan tentang penerbangan dan perilaku yang benar.

Keterampilan

Petugas keamanan bandara harus dapat mengikuti dan memberikan arahan dengan jelas dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. Dan juga harus lulus pemeriksaan latar belakang kriminal. Mereka harus dapat menyerap informasi tentang prosedur kebijakan bandara untuk menjalani pelatihan kerja di dalam sebuah program pelatihan. Melalui pelatihan ini, mereka harus dapat mempelajari dan mengidentifikasi pesawat yang berbeda. Selain itu mereka harus memperhatikan detail serta dapat memantau atau mengamati perilaku dan objek orang untuk memastikan mereka mematuhi peraturan keselamatan. Mereka harus dapat merasakan berbagai macam warna untuk mendeteksi bahan yang mencurigakan. Petugas harus bisa tetap berdiri dalam waktu lama dan mampu memindahkan benda dengan berat hingga 10 kilogram. Dan terakhir, mereka juga harus mampu melaporkan / mengatasi pelanggaran dengan memberikan peringatan lisan.

Dengan begitu banyaknya tugas dan tanggung jawab seorang staf AVSEC, bisa dipastikan Anda tidak boleh memilih sekolah penerbangan secara sembarangan. Sekolah tersebut harus memberikan pengajaran dan mencetak siswa-siswa terbaik khususnya di bidang penerbangan. Karena tingginya gaji dan gengsi pekerjaan yang tinggi, tidak jarang orang berlomba-lomba untuk mendaftar. Dan untuk mendaftar menjadi seorang staf AVSEC Anda harus sudah memiliki ijazah atau sertifikat dari sekolah penerbangan. Kami hadir untuk membantu Anda dalam menapaki karir kesuksesan di dunia penerbangan.

 

 

Sumber : https://pendidikanpramugari.ac.id/#

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x