Staf Penerbangan Darat Harus Berpikir Efektif dan Kreatif

Sekolah Staff Penerbangan – Seorang petugas senior dalam bidang ground handling di sebuah bandara bertanggung jawab untuk membawa penumpang dan bagasi tepat waktu. Tugas ini adalah tugas yang sangat menantang mengingat jadwal penerbangan bisa tidak dapat diprediksi. Bagian tersulit dari pekerjaan ini adalah ketika penerbangan terlambat atau dibatalkan. Staf darat harus bekerja sama, bersama-sama dengan staf senior tersebut. Ketika penerbangan masuk terlambat tiba ke sebuah bandara, hal yang paling menantang adalah menghindari biaya parkir tambahan dengan mencapai perputaran yang lancar dan cepat. Kontrol lalu lintas udara memiliki jadwal dan penumpang yang tetap dan pasti, artinya mereka harus memastikan operasi penerbangan tersebut akan berjalan lancar.

Operasi staf darat melibatkan dua fase yaitu pra-penerbangan dan pasca-penerbangan. Yang pertama adalah ketika staf darat menyambut penumpang di konter check-in. Mereka tetap berhubungan dengan kantor pusat dan unit reservasi serta katering jika ada permintaan makan khusus atau orang cacat yang perlu dikawal. Kemudian, ketika sampai di gerbang, mereka akan memantau operasi take-off dan memastikan bahwa penumpang naik pesawat dengan aman. Untuk fase pasca-penerbangan, kami mengajukan data penerbangan seperti berat dan keseimbangan pesawat, untuk kemudian mengirimkannya ke markas.  Hal ini bertujuan untuk mengatur akomodasi untuk mengkondisikan kru yang menginap di tempat tujuan.

Aviation adalah industri internasional, sangat disiplin waktu dan berorientasi pada pelanggan, yang berarti bahwa staf lapangan harus optimis dan ramah. Hal tersebut adalah dua ‘keharusan’ dalam pekerjaan layanan pelanggan. Setiap penumpang memiliki tuntutan yang berbeda dan Anda harus dapat beradaptasi. Selama ini , banyak penumpang yang menghargai dan bahkan dikejutkan oleh kebaikan dan hati nurani seorang ground handler. Terima kasih dan penghargaan untuk mereka adalah hadiah terbaik untuk para penyedia layanan pelanggan.

Selain bersikap optimis dan ramah, staf lapangan juga harus mandiri dan mampu bekerja di bawah tekanan, tambah Lai. Ada banyak masalah sementara dan tidak dapat diprediksi. Sehingga Anda kami harus memilih respons yang paling sesuai dalam waktu terbatas, berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami, hal ini bertujuan untuk meminimalkan masalah. Sebagian besar pelatihan untuk staf lapangan dilakukan di tempat kerja.

Staf yang masih baru membangun pengalaman kerja mereka melalui kerja magang. Pengalaman dalam perjalanan penerbangan mulai dari tiket, penanganan penumpang, operasi ramp atau perhitungan bobot dan keseimbangan, hal tersebut sangat disukai banyak orang. Seperti kebanyakan pekerjaan bandara, staf darat diharuskan melakukan tugas shift. Menurut informasi yang ada, biasanya ada empat shift – 5.30 pagi hingga 2.30 malam, 7.30 pagi hingga 4.30 malam, 10.00 pagi sampai 19.00 malam, dan 15.00 sore.

Dengan semua kebutuhan dan kualifikasi seorang staf penerbangan darat ini, Anda harus memahami bahwa tidak boleh sembarangan. Anda harus benar-benar mengetahui dan memahami seluk beluk tentang pekerjaan ini. Dan untuk memahaminya Anda harus mendapatkan pendidikan yang tepat. Sekolah kami adalah Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari atau yang disingkat PSPP akan menyediakan paket-paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat Anda dalam berkarir. PSPP yang sudah berdiri sejak 2010 dan memiliki 4 kampus cabang sudah memiliki reputasi yang baik dan telah meluluskan putra-putri terbaik di bidang penerbangan. Tidak perlu repot jika Anda ingin mendaftar di tempat kami, karena pendaftaran cukup dengan melalui website secara online. Dan pendaftaran ini dibuka setiap hari untuk Anda. Jangan ragu, berkarirlah sesuai impian Anda dan mulailah bersama kami.

 

Sumber : https://pendidikanpramugari.ac.id/#

3 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x