Persyaratan Utama untuk Menjadi Seorang Staff AVSEC

Sekolah Staff AVSEC – Tugas utama seorang petugas keamanan bandara atau Staff AVSEC adalah memantau keselamatan dan keamanan orang dan barang. Bagian yang paling terlihat dari pekerjaan jelas bagi petugas keamanan adalah pemeriksaan dan pemindaian penumpang yang membawa tas tangan serta barang bawaan sebelum mereka pergi ke area pemberangkatan.

Bagian dari pekerjaan tetap tersembunyi dari penumpang adalah petugas keamanan juga memeriksa kargo, barang, kendaraan, staf bandara dan pengiriman ke toko-toko di area bandara. Pada dasarnya, ini adalah tugas pelayanan pelanggan. Bandara sibuk setiap saat karenanya kerja tim adalah inti dari apa yang mereka lakukan.

Untuk menjadi petugas keamanan bandara, apa saja persyaratan paling
penting?

Kepribadian dan sikap positif sangat penting. Seorang petugas keamanan yang baik adalah seseorang yang energik, terampil dalam berbahasa, penuh semangat dan bersedia melayani pelanggan. Lingkungan kerja sangat memiliki nilai sosial, selama satu shift, Anda akan bertemu dengan puluhan kolega dan ratusan, bahkan ribuan penumpang. Meskipun begitu, pihak bandara dan maskapai penerbangan berharap semua karyawan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Selain itu, petugas keamanan harus berada dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Karena pekerjaan ini dilakukan secara bergiliran dan sebagian besar waktu bekerja tersebut adalah dalam keadaan berdiri. Pergantian shift bisa berkisar waktu beberapa jam sekali dan mereka bisa bertahan dari empat hingga dua belas jam dengan berdiri. Pergantian shift pagi dimulai antara pukul empat dan lima, dan hal itu sulit dilakukan oleh beberapa orang.

Seperti apa proses pelatihannya? Berapa lama sebelum petugas keamanan mulai
bekerja?

Pelatihan dan orientasi petugas keamanan baru membutuhkan total waktu selama empat minggu. Setelah izin keamanan dibuat dan lencana akses dikeluarkan, pemohon yang terpilih akan diberi tahu, dan tanggal mulai bekerja akan disetujui. Kemudian pemohon akan mendaftar untuk pelatihan dasar petugas keamanan. Pelatihan dasar ini terdiri dari lima hari pelatihan di lingkungan ruang kelas, dan memberikan Anda keterampilan minimum untuk bekerja sebagai petugas keamanan. Selain itu, pelatihan tersebut juga termasuk ujian tulis, yang harus dilalui oleh pelamar sebelum pekerjaan mereka dimulai.

Setelah modul teori selesai, ada periode pengenalan tiga minggu, dimana pemula mempelajari semua tugas dan workstation atau tempat kerja yang berbeda dengan tutor khusus untuk menguji keterampilan secara praktek. Pendahuluan juga termasuk ujian praktek, di mana Anda menunjukkan keterampilan Anda.

Apa saja hal mengejutkan tentang pekerjaan yang mungkin tidak disadari pelamar dan publik?

Hal ini mungkin tidak jelas, tetapi para staf keamanan bandara ini terdiri dari orang-orang yang masih berusia muda. Usia rata-rata petugas keamanan adalah mulai sekitar 26 tahun. Sangat mudah bagi kaum muda untuk menemukan solusi, sehingga memungkinkan para kru untuk membentuk sebuah komunitas yang terjalin erat. Ada petugas keamanan yang lebih tua juga, tetapi mereka jauh lebih sedikit. Mereka semua saling menyambut dengan hangat antara individu yang lebih berpengalaman dengan yang lebih muda untuk bergabung dalam satu barisan.

Satu hal yang mungkin mengejutkan seorang petugas keamanan pemula adalah bagian dari pekerjaan yang tersembunyi dari mata publik. Seperti pemeriksaan pada sebuah kargo, yang biasanya mereka lakukan di fasilitas penanganan bagasi. Kejutan lain mungkin adalah kenyataan bahwa dalam pekerjaan ini, situasi luar biasa hanya sedikit dan jarang terjadi. Dalam jangka panjang, pekerjaannya kebanyakan adalah hanya pekerjaan rutin saja.

Apa kesalah pahaman tentang menjadi petugas keamanan?

Banyak yang berpendapat bahwa Anda perlu menjadi penjaga keamanan berlisensi bahkan sebelum Anda melamar pekerjaan sebagai petugas keamanan. Namun, ini bukan masalah yang sebenarnya. Anda tidak perlu menjadi besar atau terlihat menakutkan untuk menjadi petugas keamanan. Ada situasi di mana Anda harus tegas dan keras, tetapi di atas semua itu Anda harus manusiawi. Jika Anda memiliki pengalaman sebagai kasir misalnya, Anda dapat melakukannya dengan sangat baik dalam pekerjaan ini.

Apa yang diperlukan untuk menjadi petugas keamanan di sebuah maskapai atau bandara?
  • Usia minimum: 18 tahun
  • Latar belakang yang tidak memiliki catatan kriminal apapun
  • Penglihatan yang sempurna
  • Kondisi fisik dan mental yang baik

 

Sumber : https://pendidikanpramugari.ac.id/#

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x