Apa yang Sesungguhnya Dilakukan oleh Staf Lapangan di Bandara?

Sekolah Staff Penerbangan – Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya yang dilakukan staf lapangan, setelah membaca ini Anda tidak akan ragu. Staf penerbangan darat adalah salah satu departemen paling penting dalam manajemen bandara ataupun maskapai penerbangan. Tugas-tugas yang dilakukan oleh staf penerbangan darat ini sangat luas. Staf lapangan bekerja di bidang teknis hingga komersial. Serta penanganan untuk keberangkatan dan kedatangan pesawat yang aman dan stabil. Orang-orang yang bekerja di tugas darat dikenal sebagai ‘awak darat’. Tugas awak darat adalah menjaga agar pesawat terbang berjalan secara efisien.

Ada juga tugas-tugas lain termasuk menyambut penumpang yang mendarat dari sebuah penerbanga, operator manajemen udara, operasi maskapai, dan orang-orang yang bertugas merawat jalan-jalan yang ada di bandara. Staf darat adalah orang-orang yang bekerja di terminal bandara itu sendiri. Mereka bertanggung jawab untuk memeriksa tubuh seseorang, menscan, memeriksa koper, mengisi semua hal yang dibutuhkan penumpang di pesawat seperti makanan dan minuman. Beberapa tugas lain berinteraksi langsung dengan pelanggan, misalnya memberikan informasi tentang waktu penerbangan. Anda akan mengetahui lebih banyak tentang tugas awak darat. Tahu lebih banyak tentang & Sekolah Penerbangan di tempat kami.

Tugas Crew Darat

Pekerjaan staf lapangan bersifat dinamis dan sangat profesional. Tetapi kita harus ingat satu orang tidak dapat melakukan semua hal. Inilah alasan mengapa tugas kru darat dibagi menjadi 2 kategori. Yaitu peran komersial dan juga peran teknis.

Peran Komersial :

Di dalam terminal bandara.

Berikut adalah daftar tugas yang harus dilakukan staf lapangan di dalam terminal Bandara. Mengganti rute ulang atau pemesanan tiket ulang untuk penumpang yang penerbangannya ditunda atau dibatalkan, memberikan bantuan untuk penumpang cacat, memberikan informasi terkini kepada penumpang, memeriksa penumpang dalam penerbangan, membantu penumpang dengan semua pertanyaan beserta bagasi yang hilang atau tertunda, dan juga bantuan saat mendampingi pemeriksaan keamanan. Pekerjaan ini biasanya menyediakan layanan pelanggan tingkat tinggi bagi para penumpang. Inilah tugas yang harus dilakukan seorang awak darat.

Di luar terminal bandara :

Sekarang, pekerjaan ini juga bagian dari tugas kru darat. Di luar terminal bandara mereka harus menangani semua pemuatan dan pengunggahan bagasi penumpang ke dalam atau dari dalam pesawat, membantu penumpang naik dan turun pesawat, menyediakan persiapan untuk sebuah pesawat terbang bersama penumpang dan kru hingga turun dari pesawat. Dan bukan hanya itu, tugas seorang staf darat juga mengarahkan pesawat ke tempat taksi.

Peran Teknis

Dalam tugas teknis, kru darat harus melakukan begitu banyak tugas teknis seperti mengkoordinasi dan mengelola staf di sekitar pesawat selama perjalanan. Kemudian juga membuat konsep dan menyerahkan dokumen yang diperlukan kepada kapten pesawat, menyiapkan rencana penerbangan, bahan bakar, kondisi cuaca, dan informasi penting lainnya. Semua hal tersebut disediakan oleh awak darat yang memiliki peran teknis. Hal ini terjadi seiring dengan manajemen slot lepas landas dan jaringan maskapai penerbangan serta manajemen armada. Di Indonesia sebagian besar operator menangani sendiri operasi domestik dan internasional. Maskapai penerbangan asing menggunakan manajemen pihak ketiga, yang tidak diizinkan untuk menanganinya sendirian.

Bergabunglah dengan Sekolah Pelatihan penerbangan Indonesia di tempat kami. Segala hal tentang ilmu penerbangan khususnya untuk orang-orang yang benar-benar mengingkan berkarir sebagai seorang staf penerbangan darat. Tempat kami menyediakan pendidikan terbaik dengan tujuan mempersiapkan siswa terbaik yang akan terjun dan menapaki tangga karir kesuksesan di bidang penerbangan.

 

 

Sumber : https://pendidikanpramugari.ac.id/#

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x